Kefta Tagine Maroko

Bola kefta domba yang harum disajikan dengan saus tomat yang tajam dan berbumbu hangat – hidangan Maroko ini sangat sederhana dan lezat. Hidangan hangat dan penuh rasa yang mudah dibuat di rumah. Bakso tidak pernah terasa enak ini.

Saya suka bakso! Biasanya versi Italia, disajikan dengan saus tomat yang sederhana. Tetapi kadang-kadang, saya menyimpang dari Italia ke Maroko demi versi hidangan yang eksotis. Resep kefta tagine ini adalah hidangan yang luar biasa untuk disajikan, penuh warna, rasa, dan tekstur.

Kefta, Köfta, Kufta, Qofte, Kjofte, Cufte, Cufteta, Cufti, Bakso?

Apa itu kefta? Tempat tinggal Anda menentukan cara Anda mengucapkan kata untuk bola daging yang ada di mana-mana ini. Ditemukan di seluruh Eropa, Mediterania, Afrika Utara, Balkan, dan Asia Tengah, terdapat jutaan variasi ejaan dan persiapan bakso. Di Maroko mereka diberi nama Kefta dan Biasanya dibuat dengan daging domba giling atau daging kambing dan berbagai rempah-rempah yang harum. Saat dimasak dengan saus tomat Maroko yang super lezat, mereka akan meningkatkan sensasi rasa.

Kefta Tagine Maroko

Tagine atau tidak tagine?

Apa yang kebanyakan orang rujuk ketika mereka memikirkan tagine / tajine adalah piring gerabah dengan tutup berbentuk kerucut. Digunakan di seluruh Afrika Utara sebagai hidangan untuk memasak banyak semur dan sup. Ini memang sebuah tagine, tapi secara cerdik, bahan makanan di dalam tagine juga disebut tagine! Tetap sederhana, bukan? Saya sudah lama mematahkan tajine (emoji wajah air mata) saya, tetapi bukan berarti saya masih tidak bisa menikmati tagine! Panci biasa sudah cukup. Apakah Anda terus mengikuti? Baik.

Membuat tagine kefta itu sederhana

Menyusun tagine kefta itu sederhana. Ini benar-benar hanya dipecah menjadi dua tahap utama:

  1. Membuat bola kefta. Sesederhana mencampurkan beberapa bahan dan bumbu dengan daging kambing lalu digulung menjadi bola-bola kecil.
  2. Membuat saus. Kami cukup menggoreng kefta lalu angkat dan goreng bawang bombay dan bawang putih. Lalu tambahkan sedikit bumbu dan tomat. Kami kemudian mengembalikan kefta ke dalam wajan dan menunggu sebentar sampai matang. Itu dia! Tidak terlalu teknis, bukan?

Mari kita uraikan secara visual:

  1. Semua bahan bakso ditambahkan ke dalam mangkuk. Masukkan tangan Anda dan gabungkan menjadi campuran lengket.

2. Menggunakan tangan yang sedikit basah akan membuat penggulungan adonan domba lebih mudah dibentuk menjadi bola.

3. Kefta dimasukkan ke dalam wajan dan diberi warna agak kecokelatan untuk membantu menyegel rasa dan menjaganya tetap berair. Kami kemudian mengeluarkannya untuk membuat saus.

4. Bawang bombay, bawang putih dan bumbu halus digoreng sampai agak empuk. Kami kemudian bisa menambahkan tomat dan bakso.

5. Semuanya sudah selesai. Yang kita butuhkan sekarang adalah 30 menit menunggu semuanya matang. Guncangkan wajan sesekali agar semuanya tetap bergerak.

Jadi, saya suka hidangan kecil yang sederhana ini, bakso yang lezat. Saya senang melayani saya dengan sepiring besar cous cous. Bagi yang belum tahu, cous cous sebenarnya adalah sejenis pasta. Gandum durum, dicampur dengan air lalu dikukus dan dikencangkan menjadi bola-bola kecil pasta. Ini memiliki rasa dan tekstur yang luar biasa dan merupakan sarana yang sempurna untuk membuat saus. Karena ukurannya yang sangat kecil, cous cous dapat dihidrasi kembali setelah dikeringkan dan digunakan setelah sekitar 15 menit berendam dalam air panas. Ini membuat iringan sederhana untuk saus tomat yang tajam.

Bagaimanapun Anda memutuskan untuk makan kefta tagine Anda, saya yakin Anda akan setuju itu adalah hidangan bintang! Jika Anda ingin membuat lebih banyak hidangan Maroko, mengapa tidak memberikan Matbucha Maroko – Salad Tomat & Lada saya yang benar-benar nikmat atau Salad Wortel Maroko yang luar biasa. Saya juga suka hidangan nasi super lezat ini – Moroccan Silverbeet with Rice

Cara membuat Kefta Tagine Maroko saya

.